Kamis, 13 Oktober 2016

ON TIME

BERIKUT INI BEBERAPA CARA MENGATUR WAKTU DENGAN BAIK
waktu 1
JIKA Anda ingin membuat perubahan nyata dalam hidup anda, Anda harus terlebih dahulu memulai dengan belajar bagaimana secara efisien mengelola waktu Anda. Siapa pun yang mengetahui bagaimana mengelola waktu, akan juga mengetahui bagaimana mengelola hidup.Serta yakinkan pada diri anda bahwa anda bisa melakukan perubahan...

Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu tercipta manajemen yang tepat untuk hidup Anda. Kualitas hidupAanda tergantung pada manajemen yang cerdas dari waktu Anda dan bukan oleh jumlah energi yang Anda konsumsi pada apa yang Anda lakukan.
Berikut ini beberapa cara agar Anda bisa mengelola waktu dengan baik.
1. Buatlah perencanaan
Anda memerlukan perencanaan kerja harian. Kalau tidak demikian, Anda akan mengalokasikan waktu menurut apa saja yang kebetulan ada dimeja tulis Anda. Awasilah setiap hari dengan membuat jadwal umum, dengan penekanan khusus pada dua atau tiga hal yang ingin Anda selesaikan. Makin banyak waktu yang kita lewatkan untuk merencanakan sebuah project/pekerjaan, makin sedikit waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
2. Belajarlah untuk mengatur apa yang harus diprioritaskan
Anda harus belajar bagaimana secara efisien mengatur prioritas-prioritas Anda. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha Anda. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan tugas-tugas penting Anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.
3. Kunci manajemen waktu yang sukses adalah delegasi
Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Jangan mencoba untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka. Ini adalah satu-satunya cara dimana Anda dapat memiliki waktu yang diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi Anda. Pada saat yang sama, apa yang Anda pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang.
4. Cobalah untuk tidak menunda hal-hal untuk nanti
Anda perlu belajar untuk mengatasi setiap tugas dan masalah ketika perlu ditangani. Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu, karena di bawah tekanan waktu Anda lebih mungkin untuk melakukan kekeliruan dan mengambil keputusan yang salah.
5. Kombinasi Kegiatan
Jika Anda dapat melakukan dua atau lebih kegiatan dalam satu waktu itu akan jauh lebih efektif dan efisien. Memasak sambil mendengar audio ceramah atau motivasi. Membaca saat dalam antrian atau kendaraan umum. Menulis jadwal kegiatan saat buang air besar. Pokoknya, pintar-pintarlah mengombinasikan kegiatan selama kegiatan itu memang dapat Anda kombinasikan.
Sumber :
http://www.akuinginsukses.com/

9 komentar: